Jumat, 23 Desember 2011

Waktu Shalat Menurut Syar'i


A.     PENGERTIAN SHALAT MENURUT SYAR’I
Shalat menurut terminologi berasal dari kata صلي- صلاة  yang berarti الدعاء  atau الدعاء بخير,[1] seperti firman Allah:

Dan doakanlah  mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. dan Allah Maha mendengar lagi Maha mengetahui.[2]
Juga Hadist Rasulullah SAW:
عن أبي هريرة، قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "إذا دعي أحدكم فليجب. فإن كان صائما فليصل، وإن كان مفطرا فليطعم".[3]
Artinya: “Dari Abu Hurairah, Ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: Bila salah seorang kamu menerima undangan (yang didalamnya ada makanan), datangilah, bila sedang berpuasa, doakanlah kebaikan untuk yang mengundang, dan jika sedang tidak puasa, makanlah makanannya.”
Sedangkan menurut etimologi adalah:
التعبد لله تعالي بأقوال وأفعال معلومة, مفتتحة بالتكبير, مختتمة بالتسليم, مع النية, بشرائط مخصوصة.
“Shalat adalah bentuk penghambaan terhadap Allah SWT dengan  perkataan dan perbuatan yang dimulai dengan takbir kemudian di akhiri dengan salam, disertakan dengan niat dan sekaligus memenuhi syarat-syarat  yang ditentukan”.[4]                  
 B.     DALIL-DALIL SYAR’I TENTANG WAKTU PELAKSANAAN SHALAT
Ada beberapa teks Nash baik yang berasal dari al-Qur’an maupun Hadits Nabi Muhammad SAW yang menjelaskan tentang waktu-waktu shalat. Bila dalam al-Qur’an penetapan awal waktu shalat disebutkan secara implicit, maka di dalam Hadits Nabi, penetapannya secara eksplisit. Adapun beberapa teks tersebut adalah:[5]
 
Artinya:”Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. kemudian apabila kamu telah merasa aman, Maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.”[6]
 
Artinya:”Maka sabarlah kamu atas apa yang mereka katakan, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya dan bertasbih pulalah pada waktu-waktu di malam hari dan pada waktu-waktu di siang hari, supaya kamu merasa senang.”[7]

Artinya: “Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).”[8]

Artinya: “Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.”[9]
عن عبدالله بن عمرو؛ أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال:"وقت الظهر إذا زالت الشمس. وكان ظل الرجل كطوله. ما لم يحضر العصر. ووقت العصر ما لم تصفر الشمس. ووقت صلاة المغرب ما لم يغب الشفق. ووقت صلاة العشاء إلى نصف الليل الأوسط. ووقت صلاة الصبح من طلوع الفجر. ما لم تطلع الشمس. فإذا طلعت الشمس فأمسك عن الصلاة. فإنها تطلع بين قرني شيطان". رَوَاهُ مُسْلِمٌ
Dari Abdullah Ibnu Amr Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Waktu Dhuhur ialah jika matahari telah condong (ke barat) dan bayangan seseorang sama dengan tingginya selama waktu Ashar belum tiba waktu Ashar masuk selama matahari belum menguning waktu shalat Maghrib selama awan merah belum menghilang waktu shalat Isya hingga tengah malam dan waktu shalat Shubuh semenjak terbitnya fajar hingga matahari belum terbi, bila matahari telah terbit tahanlah dari shalat, karena terbitnya matahari diantara dua tanduk syeitan ." (HR. Riwayat Muslim)[10]
عن جابر بن عبد الله وهو الأنصاري أن النبي صلى الله عليه وسلم جاءه جبريل فقال:قم فصله فصلى الظهر حين زالت الشمس ثم جاءه العصر فقال قم فصله فصلى العصر حين صار كل شيء مثله أو قال ظله مثله ثم جاءه المغرب فقال قم فصله فصلى حين وجبت الشمس ثم جاءه الغشاء فقال قم فصله فصلى حين غاب الشفق ثم جاءه الفجر فقال قم فصله فصلى حين برق الفجر أو قال حين سطع الفجر ثم جاءه من الغد للظهر فقال قم فصله فصلى الظهر حين صار ظل كل شيء مثله ثم جاءه للعصر فقال قم فصله فصلى العصر حين صار ظل كل شيء مثليه ثم جاءه للمغرب المغرب وقتا واحدا لم يزل عنه ثم جاءه للعشاء العشاء حين ذهب نصف الليل أو قال ثلث الليل فصلى العشاء ثم جاءه للفجر حين أسفر جدا فقال قم فصله فصلى الفجر ثم قال ما بين هذين وقت.
Dari Jabir bin Abdullah meriwayatkan “ Malaikat Jibril datang kepada Nabi S.A.W  lalu berkata: “Marilah shalat”. Lalu ia melakukan shalat Dhuhur di waktu matahari telah condong (tergelincir). Kemudian Jibril datang kepada Nabi di waktu Asar lalu berkata: “Marilah shalat”. Lalu ia shalat Ashar di waktu bayangan tiap-tiap sesuatu jadi sama panjangnya dengan keadaan dirinya. Kemudian Jibril datang kepada Nabi S.A.W di waktu Maghrib lalu berkata: “ Marilah Shalat” lalu ia shalat Maghrib di waktu matahari telah masuk (terbenam). Kemudian Jibril datang kepada Nabi S.A.W di waktu Isya lalu berkata: “Marilah Shalat”. Lalu ia shslat Isya lalu berkata; “ Marilah shalat”. Lalu ia shalat Isya di waktu telah hilang tanda merah – di tempat matahari terbenam. Kemudian Jibril datang kepada Nabi S.A.W di waktu fajar lalu berkata: “Marilah shalat” Lalu ia shalat Fajar (subuh) di waktu fajar telah terbit. Kemudian Jibril datang kepada Nabi S.A.W pada esok harinya lagi di waktu Zhuhur lalu berkata: “Marilah shalat”. Lalu ia shalat Zhuhur, di waktu bayangan tiap-tiap sesuatu itu jadi sama panjangnya dengan keadaan dirinya. Kemudian Jibril datang kepada Nabi S.A.W di waktu Ahsar lalu berkata: “Marilah shalat”. Lalu ia shalat di waktu Ahsar, di waktu bayangan tiap-tiap sesuatu itu jadi dua kali panjang daripada dirinya. Kemudian Jibril datang kepada Nabi S.A.W di waktu Maghrib yang sama waktunya dengan kelmarin, lalu ia shalat Maghrib. Kemudian jibril datang kepada Nabi S.A.W di waktu Isya, sehabis tengah malam, lalu berkata: “marilah shalat”. Lalu ia shalat Isya. Kemudian Jibril datang kepada Nabi pada waktu telah terang cuaca (sebelum terbit matahari). Lalu berkata: “Marilah shalat”. Lalu ia shalat Fajar. Kemudian Jibril berkata: Antara dua waktu itulah waktu bagi tiap-tiap shalat.”
(HR. Ahmad, Tarmizi, Nasa’I, Ibnu Hibban dan Hakim)[11]
            Dari Ayat dan Hadits-Hadits di atas menggambarkan waktu-waktu shalat fardhu yang lima dan batas-batas waktu shalat yang diajarkan oleh Jibril kepada Raslullah dan juga kepada umat Muhammad SAW.
C.     WAKTU-WAKTU SHALAT MENURUT SYAR’I
Dari sebahagian teks nash yang disebutkan diatas telah dijelaskan tentang kewajiban dan waktu pelaksanaan shalat, namun berapa kali sholat itu dilaksanakan dan kapan waktu pelaksanaannya, nash hanya memberi isyarat-isyarat saja. Tapi  melalui hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abdullah ibn Amar Ra, diatas, ijma’ ulama madzhab sepakat tentang kewajiban melaksanakan shalat adalah masuk waktu, serta dapat diketahui nama dan waktu pelaksanaan shalat tersebut.
Waktu-waktu shalat tersebut, sebagaimana terkatub dalam kitab-kitab fiqh  adalah sebagai berikut:
 i.                     Shalat Zuhur
Waktunya apabila tergelincir  matahari, dan berakhir bila bayang-bayang sesuatu benda sama panjang dengannya.
Gelincir matahari ialah apabila matahari condong dari kedudukannya di tengah-tengah langit. Kedudukannya di tengah-tengah langit dinamakan ‘keadaan terpacak’  (halah istiwa’). Apabila ia berpindah dari timur ke barat maka berlakulah gelincir (zawal).
Menurut jumhur, waktunya tamat apabila bayang sesuatu benda menjadi sama panjang dengannya,  dengan tambahan bayang yang ada pada waktu matahari terpacak; maksudnya bayang yang ada semasa gelincir.[12]
 ii.                   Shalat Ashar
Waktunya apabila bayang-bayang sesuatu itu lebih panjang dari alat pengukurnya dan berakhir bila matahari tenggelam.
Menurut ittifaq ulama’, waktunya berakhir sebelum beberapa saat matahari tenggelam. Karena Rasulullah SAW, melarang seseorang sholat apabila senja kuning telah muncul.[13] Seperti Hadits Anas:
سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول "تلك صلاة المنافق. يجلس يرقب الشمس. حتى إذا كانت بين قرني الشيطان. قام فنقرها أربعا. لا يذكر الله فيها إلا قليلا".
iii.                  Shalat Maghrib
Waktunya apabila matahari tenggelam  sampai hilang senja merah.
Menurut Jumhur (ulama Hanafi, Hanbali dan qawl qadim mazhab Syafii) ia berpanjangan sehingga hilang syafaq (cahaya merah).[14]
 iv.                 Shalat ‘Isya
Waktunya apabila hilang syafaq merah hingga terbit fajar shadiq.[15]
 v.                   Shalat Subuh
Waktunya dari terbit fajar sadiq sehingga terbit matahari.
Fajar sidiq ialah cahaya putih yang menyerlah mengikut garis lintang ufuk.[16]





[1] Wahbah al-Zuhaily, al-Fiqh al-Islamy wa adillatuhu, (Damaskus: Daar al-Fikr, 1985). Cet. II, Jilid I. hal. 497.
[2] QS. Al-Taubah: 103
[3] Shahih Muslim. 1431, Bab Tentang  Anjuran  Memenuhi Undangan.
[4] A. Malik Kamal Bin Sayid Salim, Shahih Fiqh al-Sunnah, (Maktabah Tauqifiyah, tp.tgl). hal. 220.
[5] Maskufa, Ilmu Falak, (Jakarta: Gp Press, 2010 ). Hal. 90.
[6] QS. An-Nisa’:103
[7] QS. Thaha: 130
[8] QS. Al-Isra’: 78
[9] QS. Huud: 114
[10] Shahih Muslim. 612. Bab Tentang  Waktu-Waktu Shalat Lima Waktu. (Maktabah Syamilah Versi IV.)
[11] Musnad Ahmad  bin Hanbal, Hadits-Hadits dari Jabir ibn Abdillah R.a (Makatabah  Syamilah Versi. IV)
[12] Wahbah al-Zuhaily, al-Fiqh al-Islamy Wa________________. Hal. 508
[13] Ibid,.
[14] Ibid,. hal. 510.
[15] Ibid,.  
[16] Ibid,. hal. 508

Tidak ada komentar:

Posting Komentar